Monday, December 6, 2010

FIFA Ballon d’Or : 3 Besar Dikuasai Barcelona

Majalah sepak bola Prancis, France Football, mengumumkan tiga kandidat terkuat pemenang FIFA Ballon d’Or atau Bola Emas untuk 2010. Pengumuman pemenang itu sendiri dijadwalkan akan dimumkan dalam sebuah seremonial di Zurich, Swiss, tempat FIFA bermarkas, pada 10 Januari 2011.

Daftar bakal calon terkuat dikuasai trio Barcelona: Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Lionel Messi. Ketiganya merupakan pilar penting Barcelona dalam menjuarai titel kampiun La Liga musim 2009-2010. Sebagai tambahan, dua nama pertama merupakan pilar di balik keberhasilan Spanyol menjuarai Piala Dunia di Afrika Selatan.

Iniesta membantu Spanyol menjadi juara dunia baru setelah mencetak gol tunggal pada partai final melawan Belanda di Johannesburg, Afsel, 11 Juli 2010. Xavi, tak dipungkiri, merupakan otak permainan La Furia Roja. Messi, pemenang edisi sebelumnya, difavoritkan lagi setelah mencetak 34 gol musim lalu dan 15 gol musim kompetisi sekarang walaupun gagal membawa Argentina menjadi yang terbaik di Afsel.

Pengumuman ini menjadi pukulan telak bagi Wesley Sneijder. Sebelumnya, playmaker Belanda dan Inter Milan ini difavoritkan menjadi salah satu dari tiga kandidat utama. Sneijder berperan besar mengantar Belanda untuk ketiga kalinya ke final Piala Dunia dan membantu Inter memborong tiga gelar juara sepanjang musim lalu, termasuk Liga Champions.

Lebih jauh, dominasi Spanyol diperkuat oleh daftar nominasi pelatih terbaik. Pelatih Timnas Spanyol Vicente dl Bosque dan Pep Guardiola yang berada di balik sukses Barcelona menghuni tiga besar. Satu kandidat lainnya dihuni Jose Mourinho, mantan pelatih Inter yang kini mengarsiteki Real Madrid

No comments:

Post a Comment