Tuesday, December 14, 2010

PSSI Tanggapi Dingin Gugatan David Tobing

Tudingan David Tobing bahwa pemakaian lambang negara Garuda Pancasila di kostum timnas Indonesia menyalahi undang-undang ditepis PSSI. Menurut Direktur Hukum dan Peraturan PSSI, Max Boboy, tidak ada yang salah dengan hal tersebut.


"Dari dulu kita pakai lambang burung Garuda. Tidak ada masalah. Karena mereka mewakili negara, bukan PSSI," kata Max Boboy, seperti dilansir detik.

Meski dalam penggunaan lambang negara ini tidak lazim dalam persepakbolaan internasional, PSSI bergeming. Menurutnya, itu sudah menjadi ciri khas Timnas sejak dahulu kala. "Terserah saja timnas negara lain mau mempergunakan apa. Sejak di Melbourne 1956, kita sudah pakai logo itu," tegas Max.

Terkait dugaan pelanggaran terhadap UU No 24/2009 Tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan lagu Kebangsaan yang dialamatkan oleh David Tobing, Max menilai itu salah alamat. Karena olahragawan yang bermain di kancah internasional adalah duta bangsa yang berhak menggunakan lambang tersebut. "Mereka kan wakil negara, masa tidak boleh?" tutup Max.

Sementara itu, pernyataan senada dilontarkan manajer timnas, Andi Darussalam. Bahkan, menurut pria yang akrab disapa ADS itu, penggunaan lambang Garuda justru memberikan dampak positif bagi penampilan para penggawa Garuda Merah Putih.

"Jelas dong, lambang burung Garuda memberikan semangat lebih. Lihat sendiri hasil Timnas. Masa kayak gitu dibilang tidak ada pengaruh dari lambang Garuda," tegas ADS. (detik/den)

No comments:

Post a Comment