Tuesday, January 4, 2011

Total Football Terbaik Milik Barcelona

Total Football identik dengan permainan tim nasional Belanda. Metode bermain total menyerang atau bertahan dari semua pemain terlihat atraktif dan efektif di era 70 hingga pertengahan 90-an.

Tapi bagi Ibrahim Afellay, dia sudah melihat lagi gaya bermain Total Football yang dulu kerap diperagakan Johan Cruyff. Gaya itu menurutnya diadopsi dengan sempurna oleh Barcelona, klubnya sekarang ini.

"Bagi saya, Total Football adalah cara bagaimana memainkan sepakbola yang seharusnya, dan tidak ada tim mana pun di dunia yang bisa melakukan yang lebih baik dari Barcelona," katanya kepada Sport, Rabu (5/1).

"Kenangan awal saya di klub adalah para pemain Belanda yang bermain di Barcelona, seperti Ronald Koeman dan Cruyff. Saya tidak menyaksikan mereka secara langsung, tapi saya punya video mereka."

"Juga ada pemain seperti Patrick Kluivert dan Philipp Cocu, ditambah saya juga memberikan perhatian khusus kepada Josep Guardiola dan Luis Enrique," tandasnya.

Afellay menambahkan jika dirinya saat ini masih dalam tahap beradaptasi dengan gaya bermain Barcelona dan semua orang didalamnya. Diakuinya juga, banyak orang yang membantunya untuk memudahkan proses adaptasi itu.

"Pep juga banyak membantu di sesi latihan pertama. Ia memerhatikan apa yang saya lakukan dan memberikan saya saran untuk meningkatkan kemampuan saya, yang mana sangat membantu saya untuk beradaptasi. Setiap hari saya merasa lebih baik. Saya memahami bagaimana saya harus bermain di tim ini dan saya yakin saya bisa lebih baik lagi," pungkas Afellay

No comments:

Post a Comment