Tuesday, August 9, 2011

5 Pakaian TERUNIK sedunia

Mari gan~

Langsung aje info'a..

Baju terunik Sedunia!!

CEKIDOT..





HANBOK, Tanpa Saku





Spoiler for PIC


Inilah Hanbok. Baju keren Korea! Setiap hari raya bersyukur Chusok, orang Korea memakai Hanbok. Hanbok perempuan terdiri dari rok panjang melingkar, dengan atasan berbentuk jaket. Hanbok laki-laki terdiri dari celana longgar, jaket pendek, dilengkapi rompi. Uniknya, baju keren ini TANPA SAKU! Model dan warna Hanbok dapat membedekan status orang. Misalnya untuk kelas atas, hanbok berwarna lebih cerah dan terbuat dati sutra dan rami. Untuk kelas bawah, hanbok terbuat dari kapas. Kalau musim berubah, model hanbok akan berbeda lagi.



KIMONO, Berlapis-lapis



Spoiler for PIC




baju berlengan bear dari Jepang ini menjuntai dari bahu sampai ke tumit. Kimono terbuat dari sutera yang ditenun secara tradisional. Kimono dipakai di acara tertentu saja, seperti festival Sichi-Go-San, wisuda, atau pernikahan. Kimono santai dari katun disebut yukata. Dipakai di musim panas waktu pesta kembang api, festival, atau sore-sore habis mandi. Cara memakainya disebut Kitsuke. Peraturannya rumit! Bisa juga dilengkapi dengan aksesoris seperti geta (sandal kayu), kanzashi (tusuk konde), obi (sabuk dari kain). Simpul kupu-kupu alias bunko, paling populer untuk memakai obi. Ada juga kimono resmi untuk bangsawan, namanya junihitoe. Kimononya 12 lapis!



KILT, Rok untuk Laki-laki





Laki-laki pakai rok? Aha, itu biasa di Skotlandia. Ini bukan rok sembarangan. Rok orang-orang Skotlandia diberi nama Kilt. Kilt dililitkan melingkar di pinggang. Panjangnya sampai ke atas lutut. Terbuat dari wol dan bermotif tartan atau kotak-kotk. Pasangannya baju yang berbentuk seperti jaket, dilengkapi dengan ikat pinggang, sporran atau sejenis kantong, dan sepatu khusus. Dari kilt yang mereka pakai, bisa ketahuan dari keluarga mana mereka berasal.



PARKA, Penahan.... Brrrr!!



Spoiler for PIC




Tinggal di kutub, pasti dingin! Makanya orang Eskimo pakai Parka. Parka dijahit tradisional dengan jarum dari tulang binatang. Parka terdiri dari jaket dalam dan luar. Parka musim dingin biasanya terbuat dari kulit karibu, binatang sejenis rusa. Untuk musim semi dan gugur, parkanya terbuat dari kulit singa laut. Di bagian atas ada penutup kepala dari bulu-bulu binatang. Uniknya, parka perempuan diberi kantung khusus untuk menggendong anak. untuk melengkapi parka, orang Eskimo memakai sepatu kiamik. Bahannya dari kulit binatang juga!



SARI, Acha-acha... India!



Spoiler for PIC


Untuk atasan bisa memakai blus pendek ketat, lalu kain dililitkan di pinggang dan di selempangkan ke bahu kiri. Biar kencang, lilitan bisa 3-5 kali. Semakin rumit motif kain sari, harganya semaaakin mahal. Dulu, bangsawan memakai kain sari halus dari sutera atau katun halus. Sedangkan rakyat biasa, memakai kain sari dari kapas. Semua tenuan tangan asli, lo! Tapi, sekarang pembuatan kain sari memakai mesin modern dengan bahan serat sintetis. tetap saja buatan tangan lebih mahal.



Mau make gan??

Pasti agan unik sendiri..

Hehehe~ 




No comments:

Post a Comment