Sunday, August 14, 2011

Tinggalkan Pelatnas,Verheijen Balik ke Wales

Pelatih fisik asal Belanda yang didatangkan ke Indonesia, Raymond Verheijen, meninggalkan pelatnas timnas Pra Piala Dunia (PPD) 2014 untuk kembali menjalani tugas utamanya yaitu sebagai pelatih fisik timnas Wales.

Media Officer Timnas Indonesia, Desy Christina dalam siaran pers, Minggu (14/8), mengatakan sebenarnya Raymond Verheijen ingin bergabung dengan timnas Indonesia hingga pertandingan melawan Iran, 2 September dan Bahrain 6 September nanti.


"Sore ini Verheijen bertolak dari Solo untuk kembali melatih Wales yang juga akan menghadapi pertandingan kualifikasi Piala Eropa," katanya.


Konsultan fisik timnas Merah Putih yang dikontrak PSSI dengan sistem fee-based ini selama satu hari kemarin, Sabtu (13/8), telah menggembleng Ahmad Bustomi dan kawan-kawan di Stadion Manahan Solo.

Beberapa materi untuk meningkatkan kondisi fisik pemain sebelum turun dipertandingan resmi diberikan mulai dari "pressure, small games, fighting for the ball dan ball transition".


Meski telah ditinggal konsultan pelatih fisik Verheijen, jajaran pelatih yang dipimpin oleh Wim Rijsbergen akan terus melakukan komunikasi harian agar perbaikan stamina pemain lebih cepat.


Sementara itu asisten pelatih timnas Liestiadi mengaku hingga saat ini ada 20 persen dari 30 pemain yang menjalani pelatnas yang fitnes levelnya masih belum maksimal. Untuk itu dibutuhkan program latihan yang efektif dan terperinci.


"Jika dibandingkan dengan level PPD benua Asia lainnya, kita masih berada di level medium. Jadi butuh meningkatkan stamina minimal 30 persen dari sekarang," katanya.

Peningkatan stamina, kata dia, salah satunya dengan meningkatkan porsi latihan. Idealnya latihan dilakukan dalam dua kali sehari. Hanya saja untuk saat ini baru dilakukan sekali agar kondisi pemain tetap fit di bulan Ramadan ini.


Timnas Indonesia akan terus menjalani pemusatan latihan di Solo Jawa Tengah hingga menjelang keberangkatannya ke Jordania untuk menjalani pertandingan uji coba 27 Agustus nanti.

Sebelumnya, Firman Utina dan kawan-kawan dijadwalkan menjalani dua uji coba lainnya yaitu melawan timnas U-23, 18 Agustus dan melawan timnas Palestina, 22 Agustus. Kedua pertandingan ini dilaksanakan di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.










No comments:

Post a Comment