Thursday, January 26, 2012

JONATHAN SORIANO RESMI TINGGALKAN CAMP NOU

http://media1.fcbarcelona.com/media/asset_publics/resources/000/010/138/size_640x360/2011-12-09_FCB_B_-_UD_ALMERIA_008.v1326970756.jpg
Jonathan Soriano sudah resmi meninggalkan Camp Nou, pada bursa transfer Januari ini. Hal ini telah diumumkan oleh kubu Barcelona.

Sebagaimana dilansir Goal, Sabtu (21/1/2012), Tim Katalan telah menerima uang tebusan sebesar 500.000 euro untuk menjual pemain 26 tahun tersebut, dan pendapatan bisa meningkat menjadi 1 juta euro, tergantung berbagai variabel.

Soriano sendiri telah resmi membela Salzburg, setelah pada Jumat pagi waktu setempat lolos tes medis. Kabarnya, pemain asal Spanyol itu akan dikontrak oleh Salzburg hingga 2015 mendatang.

Mantan pemain Espanyol itu memang tidak dapat menembus tim utama Barca, setelah sembuh dari cedera lutut. Padahal, penampilan Soriano bersama Barca B cukup menganggumkan dengan menghasilkan 32 gol.

Kendati demikian, hal itu belum cukup untuk Soriano meyakinkan entranador Pep Guardiola. Pep lebih mempercayakan lini depan Blaugrana kepada Lionel Messi, Pedro Rodriguez, David Villa, Alexis Sanchez dan Isaac Cuenca.

Sebenarnya, Soriano sempat diberitakan akan bergabung dengan Benfica, klub yang sudah lama mengincarnya. Namun, Soriano sepertinya lebih memilih bergabung dengan Salzburg, ketimbang klub asal Portugal tersebut.

Soriano sempat menimba pengalaman di tiga klub dengan status pinjaman. Almeria, Poli Ejido, dan Albacete. Namun, penampilan bersama klub-klub ini kurang mengesankan petinggi Espanyol. Jadilah di pertengahan tahun 2009, ketika kontraknya habis, Soriano hijrah ke Barcelona B.

Di klub yang bertanding di Mini Estadi ini, Soriano berubah menjadi penyerang tangguh. Pada musim pertama saja, ia sukses membawa Barcelona B masuk ke Segunda Division. Soriano yang juga mantan anggota timnas Spanyol u-21, mencetak 22 gol di musim pertama.

Musim 2010/2011, tak perlu beradaptasi lagi, Soriano menjadi andalan lini depan Barcelona B. Ia membuat klubnya meraih peringkat tiga klasemen akhir Segunda Division. Hanya karena tim senior Barcelona berlaga di Primera Division saja, Barcelona B tidak berhasil promosi. Sepanjang musim tersebut, torehan gol Soriano melesat ke angka 32 dalam 37 pertandingan.

Ketajaman Soriano bukannya tidak dilirik Pep Guardiola. Sang pelatih jenius sempat memakai penyerang ini di tur pramusim Barcelona. Namun, cedera saat berlaga di Audi Cup membuat kesempatan Soriano bersaing dengan Lionel Messi, David Villa, atau Pedro Rodriguez sirna.

Pasca cedera beberapa bulan, Soriano seolah tak kehilangan insting gol. Sebelum ditransfer ke Salzburg, ia sudah mencetak 5 gol dari 10 pertandingan.

Salzburg sendiri sekarang tengah serius membidik posisi pertama di Bundesliga Austria. Mereka saat ini duduk di peringkat ketiga dengan 30 poin. Cuma selisih 2 angka dari sang pemuncak Rapid Wina.

Kedatangan Soriano yang begitu cemerlang di depan gawang lawang, bisa menjadikan klub ini sebagai klub terproduktif di Liga Austria. Sementara, bagi Soriano, inilah saatnya melepaskan bayang-bayang tak masuk tim inti Espanyol dan Barcelona.


No comments:

Post a Comment