Thursday, January 26, 2012

MOURINHO TIDAK PERNAH MENANG SEKALIPUN DI CAMP NOU

http://jurnalpatrolinews.com/wp-content/uploads/2011/12/Jose_mourinho.jpg
Camp Nou masih menjadi “tanah haram” bagi Jose Mourinho. Sembilan kali berlaga, sembilan kali pula Jose Mourinho tak bisa memetik kemenangan. Rekor ini dimulai sejak The Special One menangani Chelsea; klub tanah perantauan pertamanya sebagai manajer.

Ya, bersama skuad bernilai ratusan juta poundsterling bentukan Roman Abramovich, Jose Mourinho pertama kali menjejakkan kaki ke Camp Nou sebagai manajer klub lawan. Keduanya terlibat dalam duel ketat di babak 16 besar Liga Champions musim 2004/2005,

Di pertandingan pertamanya di Camp Nou sebagai musuh, Jose Mourinho mesti mengakui kekuatan Barcelona. Kala itu gol Maxi Lopez dan Samuel Eto’o mengantarkan kemenangan 2-1 Blaugrana yang sempat tertinggal 0-1 terlebih dahulu.

Untungnya, di kandang sendiri, Stamford Bridge, Mourinho sukses membawa klubnya menang 4-2. Alhasil, Chelsea lolos dengan agregat 5-4. Namun, satu luka sudah tergores di muka Jose Mourinho di Camp Nou.

Tahun berikutnya, kedua klub kembali bertemu. Lagi-lagi di perdelapan final Liga Champions. Kali ini Barcelona yang lolos. Menang 1-2 di kandang Chelsea, Blaugrana cukup bermain imbang 1-1 di Camp Nou. Untuk kedua kalinya, Jose Mourinho gagal menaklukkan stadion keramat ini.

Pertemuan Chelsea dan Barcelona terus berlanjut di musim 2006/2007. Namun, kali ini keduanya berlaga di babak 32 besar Champions League. Chelsea memang lebih superior. Mereka mengandaskan Barcelona 1-0 di Stamford Bridge. Namun, Camp Nou tetap menjadi lokasi angker bagi Mourinho. Ia cuma bisa membawa hasil imbang 2-2.

Setelah dua tahun tak bertemu, Jose Mourinho langsung berlaga dua kali dengan Barcelona di Camp Nou. Kala itu, Mourinho melatih Internazionale. Namun, lagi-lagi tuah Camp Nou terlalu kuat. Di babak 32 besar, Barcelona menang 2-0 di kandang sendiri.

Di semifinal, kedua klub bertemu. Jose Mourinho memang sukses membawa Internazionale ke final dengan agregat 3-2. Namun, Barcelona menaklukkan 10 pemain Internazionale dengan skor 1-0 di Camp Nou.

Ketika pindah ke Real Madrid, intensitas Mourinho bertemu dengan Barcelona semakin besar. Namun, ini tidak diimbangi dengan sekalipun kemenangan.

Kedatangan pertama Jose Mourinho ke Camp Nou dengan status pelatih Real Madrid, mendapatkan antaman besar. Kala itu Barcelona mencukur madrid dengan skor 5-0 di La Liga. DI musim yang sama, 2010/2011, Mou cuma bisa membawa klubnya bermain imbang 1-1 di leg kedua semifinal Liga Champions.

Musim ini, sudah dua kali Jose Mourinho mendatangi Camp Nou. Uniknya, kali ini dengan permainan menyerang. Di Piala Super Spanyol Real Madrid Tumbang 3-2. Dan, kemarin, Los Blancos cuma imbang 2-2 di kandang Barcelona.

Kesempatan mencetak 1 kemenangan, mungkin datang pada laga El Clasico di La Liga pada April mendatang. Barangkali pula, ini menjadi peluang terakhir Mou menang di Camp Nou ketika melatih Real Madrid atau klub sepakbola lain.


No comments:

Post a Comment