Sunday, March 20, 2011

BTN Cari Tandem Alferd Riedl

Tim nasional (timnas) Indonesia menginginkan jasa Rahmad ‘RD’ Darmawan atau Jacksen F Tiago. Kualitas mereka diperlukan Merah Putih saat menjalani training camp (TC) pada Juni mendatang.


Badan Tim Nasional (BTN) memunculkan rencana perekrutan salah satu dari mereka karena timnas memiliki agenda superpadat. BTN ingin salah satu pelatih terbaik di Djarum Indonesia Super League (DISL) itu akan berkolaborasi dengan Alfred Riedl menangani Merah Putih menjalani TC Pra- Piala Dunia 2014 mulai 20 Juni nanti. Dua nama itu,yakni RD yang kini menangani Persija Jakarta dan Jacksen bersama Persipura Jayapura dinilai mumpuni menangani timnas.

BTN ingin salah satu dari mereka akan bekerja sama dengan Riedl untuk mengantisipasi padatnya agenda timnas. Ketua BTN Iman Arif membenarkan dua nama pelatih itu akan dipanggil untuk menangani timnas.”Kami harus mencari asisten pelatih timnas.Kegiatan timnas sangat padat pada Juni nanti.Pelatih Riedl tidak mungkin menyelesaikan tugasnya sendirian.Jadi,RD dan Jacksen adalah figur yang ideal,”
ungkapnya,kemarin.

Pada Juni nanti BTN akan melakukan dua persiapan timnas.Bukan hanya agenda TC timnas U-23 SEA Games (SEAG) 2011, Merah Putih juga akan bersaing di Pra- Piala Dunia 2014.Persiapan Merah Putih muda akan dimulai 25 April sampai penyelenggaraan SEAG pada 11–22 November.

Mereka saat ini sudah menetapkan 20 nama,meski masih merencanakan penambahan lima atau enam pemain.Lalu, timnas senior akan menjalani persiapan Pra-Piala Dunia 2014 mulai 20 Juni. Iman menambahkan,kualitas dua nominator tersebut sudah terbukti di kompetisi.

”Kami tahu kapabilitas RD dan Jacksen. Mereka sudah teruji di DISL dan kompetisi lainnya.Mereka sangat dihormati pemain dan punya kualitas bagus.Tapi,kami akan berbicara hal ini dengan Riedl.Timnas membutuhkan pelatih yang bisa bekerja sama dengannya (Riedl),” ujar Iman. Kualitas kedua pelatih itu di DISL sangat membanggakan.Bersama Persija,RD saat ini membawa Bambang Pamungkas dkk berada di posisi runner-upsementara DISL 2010/2011.

Macan Kemayoran– julukan Persija–mengumpulkan nilai 32 dari 16 laga.Terakhir,mereka sukses memenangkan laga awaykontra Persib Bandung dengan skor 3-2.Performa sama diciptakan Jacksen bersama Persipura. Mutiara Hitam–julukan Persipura–saat ini memimpin klasemen DISL dengan nilai 38 dari 16 laga.Rapor bagus juga dibuat Boaz Solossa di AFC Cup 2011.Mereka bermain imbang 1-1 kontra South China,lalu menang 4-1 atas East Bengal.

Karena itu,Iman tertarik merekrut mereka.Bahkan,lama kontrak mereka di timnas tergantung prestasi.”Secara teknis, tugas dua calon pelatih ISL tersebut di timnas sama dengan lainnya.Durasi kontrak mereka sangat tergantung dengan laju prestasi timnas di Pra-Piala Dunia. Kalau ternyata bisa bersaing dan masuk ke fase berikutnya,mereka akan dikontrak secara permanen,” lanjutnya.

Namun,mengenai kontrak,BTN tentu akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu bersama klub mereka.Sebab,ratarata pelatih klub ISL dikontrak semusim. Sementara putaran kedua ISL musim ini akan berakhir pada 19 Juni dengan tujuh laga penutup,termasuk Persija kontra PSPS Pekanbaru dan bentrok Persipura versus Semen Padang.Persija dan Persipura juga masih memiliki kompetisi lainnya seperti Piala Indonesia 2011.

Sementara status Merah Putih saat ini menunggu hasil drawingyang digelar di Kuala Lumpur,Malaysia,Rabu (30/3). Berdasarkan regulasi Pra-Piala Dunia 2014 Zona Asia,tim dengan peringkat 30–43 harus memulai persaingan dari fase kedua.

Pada persaingan berikutnya mereka akan menghadapi tim dengan peringkat 5–29 pada fase pertama. ”Kami menunggu konfirmasi resmi BTN.Mereka harus berbicara dengan manajemen Persipura.Kontrak memang semusim,tapi bisa diperpanjang tergantung sisa laga.Saat ini saya memilih fokus pada tugas di klub,” tandas Jacksen. Pernyataan serupa dilontarkan RD. Mantan pelatih Sriwijaya FC (SFC) tersebut mengaku tidak terkejut karena sebelumnya pernah masuk sebagai nominator pelatih timnas.Pada 2006,RD masuk bursa pelatih Merah Putihbersama Sergei Dubrovin.Berikutnya RD harus bersaing dengan Pelatih Ivan Kolev di Piala Asia 2007.

Terakhir,Rahmad kalah bersaing dengan Pelatih Benny Dollo jelang AFF 2008 dan Pra-Piala Asia 2011. RD menjelaskan tanggung jawab bersama Persija akan didahulukan. Apalagi,pihaknya akan menghadapi tuan rumah Persijap Jepara,Selasa (22/3). ● wahyu argia

No comments:

Post a Comment