Sunday, March 25, 2012

SELALU MENANG DENGAN 9 PEMAIN LA MASIA SEBAGAI STARTING LINE UP

http://i2.esmas.com/editorial-televisa/2011/02/16/181048/la-masia-626x367.jpg
Unik, Pep memainkan 9 jebolan akademi La Masia dalam starting line-upnya dalam beberapa pertandingan belakangan ini dan selalu meraih kemenangan. saat menghadapi Mallorca kemarin Pep memasang Victor Valdes, Carles Puyol, dan Gerard Pique di lini pertahanan. Thiago Alcantara, Andres Iniesta, Cesc Fabregas, dan Sergio Busquets mengisi sektor tengah. Di depan ada Lionel Messi dan Pedro Rodriguez. Cuma ada Javier Mascherano dan Alexis Sanchez saja yang tidak mengenyam “pendidikan dasar” di klub Catalan tersebut.

Memainkan pasukan lokal, tak berarti Barcelona mengendur. Kemenangan 0-2 mutlak milik Blaugrana. Apalagi mereka harus bermain dengan 10 orang sejak menit 56.

Bukan kali ini saja Pep memainkan pasukan yang didominasi jebolan La Masia. Tercatat, sudah empat kali sebelum laga ini El Barca menggunakan 9 pemain akademi mereka sendiri sebagai starter dalam sebuah pertandingan. Hebatnya, dalam empat kesempatan tersebut, Barcelona selalu menang.

Yang pertama, adalah saat menghadapi BATE Borisov di Camp Nou. Ketika itu, Pep dengan “setengah gila” menurunkan para pemain Barcelona B untuk berlaga di Liga Champions. Hasilnya tetap ampuh. El Barca menggulung klub Belarusia dengan skor telak 4-0.

Yang kedua, adalah duel menghadapi Santos di final Piala Dunia Antar Klub. Dalam pertandingan yang membawa El Barca menjadi raja dunia itu, cuma Eric Abidal dan Dani Alves yang “orang asing” dalam starting XI Barcelona.

Yang ketiga, ketika melawan Valencia di kandang. Ketika itu Lionel Messi mencetak 4 gol dalam kemenangan besar 5-1. Mau tahu siapa pemain non akademi La Masia di laga ini? Cuma Eric Abidal dan Alexis Sanchez.

Yang terakhir, saat membekap Racing Santander 0-2. Kali ini giliran Javier Mascherano dan Dani Alves saja yang bukan pemain didikan klub. Dengan pemain yang sudah begitu mengenal satu sama lain, Barcelona meraih ball possessions 74% dan 23 tembakan; sesuatu yang akan membuat klub mana pun ketakutan.

Dengan memakai skuad yang 82% berasal dari La Masia, Pep Guardiola tercatat meraih 5 kemenangan, 17 gol dan cuma terbobol sekali. Namun, catatan ini masih kurang fantastis dibandingkan akhir tahun lalu.

Ya. Anda masih ingat ketika Barcelona menggulung L’Hospitalet 9-0 di 32 besar Copa del Rey? Saat itu, Pep Guardiola memasang 10 jebolan La Masia sebagai starter! Jelas layak ditunggu, cepat atau lambat, pelatih asal Santpedor ini pasti akan memainkan 11 pemain yang semua berasal dari binaan Barcelona sendiri.


No comments:

Post a Comment