Tuesday, February 28, 2012

TES DOPING BARCELONA TIDAK TERBUKTI DAN AKAN DAPAT KOMPENSASI

http://www.visualphotos.com/photo/2x4255486/Symbolic_for_doping_09267CS-U.jpg
Masih ingat kasus tuduhan doping yang dialamatkan ke para pemain Barcelona pada musim lalu? Pihak yang menggulirkan tuduhan itu mengaku salah dan siap memberikan kompensasi sejumlah uang kepada Barca.

Kasus ini berawal pada pertengahan Maret 2011 silam. Ketika itu stasiun Radio Cadena COPE yang mengembuskan isu soal penggunaan doping di skuad Barcelona. Dalam pemberitaannya, mereka mengklaim kalau Real Madrid sudah mendesak otoritas Liga Spanyol untuk melakukan tes doping dengan lebih serius pada anak didik Josep Guardiola.

Mengatasnamakan seorang dokter tim Madrid, yang tidak disebut namanya, COPE juga menyebut kalau tes doping yang dilakukan saat ini "cuma sekadar gurauan". Lebih lanjut COPE sekaligus meragukan reputasi dokter yang sudah ditunjuk untuk melakukan tes doping.

Mendapatkan tuduhan seserius itu, Barca meradang. Mereka pun mengajukan tuntutan hukum kepada COPE melalui pengadilan sipil di Barcelona. Blaugrana juga meminta ganti rugi yang jumlahnya mencapai 6.190.090 euro (sekitar Rp 75,57 miliar).

Dalam perkembangan selanjutnya, COPE akhirnya mengakui bahwa mereka tidak cermat dalam memuat berita. Mereka pun siap membayar ganti rugi, meski nilainya sangat jauh di bawah permintaan Barca, yakni 200.000 euro (sekitar Rp 2,44 miliar).

"Informasi yang dikutip ternyata tidak benar dan datang dari sumber yang tak diperiksa. Oleh karena itu, kami mengakui bahwa telah terjadi penghinaan terhadap kehormatan klub," tulis COPE dalam pernyataannya sebagaimana dikutip AFP.

"Dalam 48 jam ke depan akan mengalokasikan 200.000 euro untuk nilai kerugian dan kerusakan yang diakibatkan oleh hal ini."

Sejauh ini, belum ada tanggapan resmi dari pihak Barca terhadap tawaran dari COPE ini.

No comments:

Post a Comment