Sunday, February 27, 2011

Nasib Sepak Bola Indonesia Di Tentukan Selasa Ini

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akan membahas kemelut di PSSI, Selasa (1/3). Melalui rapat Komite Nasional Asosiasi FIFA yang akan digelar di markas FIFA, Zurich, Swiss tersebut, nasib PSSI akan ditentukan.

"Dalam rapat itu terdapat agenda pembahasan mengenai adanya campur tangan pemerintah Indonesia melalui Menteri Pemuda dan Olahraga terhadap PSSI. Keputusan FIFA di rapat ini nantinya akan memutuskan nasib PSSI," kata Suryadharma Dali Tahir, Anggota Komite Etik FIFA di Zurich, melalui sambungan telpon Minggu (27/2).

Dali mengaku belum mengetahui sanksi apa yang kemungkinan akan dijatuhkan FIFA terhadap organisasi sepak bola tertinggi Indonesia nanti. "Sanksi FIFA itu berlapis-lapis, saya tidak tahu sanksi dari FIFA apa terhadap Indonesia," katanya.

Menurut Dali, FIFA terus memantau perkembangan kemelut sepak bola yang terjadi di Indonesia saat ini. Respon yang diberikan FIFA pun cepat. Dali mengaku langsung mendapat surat elektronik dari FIFA setelah Komisi Banding Pemilihan PSSI mengumumkan keputusannya menganulir semua calon Ketua Umum PSSI.

"Isi suratnya, menolak intervensi pemerintah dan itu adalah peringatan dari FIFA," katanya. Dali mengatakan, intervensi pemerintah tampak jelas sekali pada 25 poin pernyataan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng yang disampaikan di hadapan wartawan, Senin (21/2) kemarin. 

Kepada wartawan di kantornya saat itu, Andi menegaskan bahwa selama PSSI menggunakan hufur I yang berarti singakatan Indonesia, PSSI harus mengikuti aturan yang ada di negara Indonesia. Andi juga meminta Komite Banding menggoreksi keputusan Komite Pemilihan.

"Mengapa kita tidak menyelesaikan persoalan ini dengan kepala dingin untuk mencari penyelesaian terbaik. Malu di dunia internasional," kata Dali menyayangkan. Apabila pembekuan menimpa Indonesia, kata Dali, Indonesia tidak bisa berlaga di pertandingan leg kedua Pra Olimpiade di Turkmenistan, 9 Maret nanti, dilarang mengikuti Kualifikasi Piala Dunia, dan SEA Games 2011.

Dalam rapat FIFA nanti, Dali berencana menjelaskan di hadapan forum tersebut tentang kondisi sepak bola Indonesia teranyar. "Saya akan mengatakan apa yang sesungguhnya terjadi, saya harap FIFA tidak memberlakukan pembekuan karena itu akan merugikan sepak bola Indonesia," kata Dali. Selain dia, tidak ada pengurus PSSI yang hadir pada rapat tersebut karena ini rapat FIFA.

Hasil rapat tersebut, sekaligus akan menentukan kelanjutan Kongres Empat Tahunan PSSI di Bali, 26 Maret nanti. Apakah tetap digelar sesuai rencana semula atau mundur. Awalnya Kongres PSSI di Pulau Dewata itu mengagendakan pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015.

Selama ini, PSSI selalu melaporkan perkembangan menjelang kongres PSSI kepada FIFA. "Setelah muncul keputusan Komisi Banding Pemilihan yang menganulir semua calon, saya tidak tahu apa keputusan FIFA," kata Dali.

No comments:

Post a Comment