Tuesday, January 11, 2011

40 Pemain Indonesia Berangkat ke Uruguay

Sebanyak 40 pemain muda Indonesia yang masuk dalam Timnas SAD akan berangkat ke Uruguay untuk mengikuti dua kompetisi resmi federasi sepak bola Uruguay musim ini.

"Rombongan akan berangkat pada 23 Januari dini hari. Seluruh pemain terpilih akan berkumpul pada 20 Januari ini," kata Manajer Timnas SAD Demis A. Djamaoeddin di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, para pemain muda ini akan mengikuti dua kompetisi usia muda yakni kompetisi Cuarta (U19) dan Quinta (U17) di Uruguay. Selain itu, para pemain akan masuk seleksi untuk penyisihan U19 AFC.

"Mereka tetap ditangani pelatih Cesar Payovich yang menentukan pemain sebelumnya dalam seleksi," katanya.

Rinciannya, menurut dia, 40 pemain yang terdiri atas 19 pemain yang tergabung pada tahun sebelumnya dan 21 pemain baru hasil seleksi. "Mereka tetap diterapkan dalam open grup," katanya.

Menurut Demis, proses seleksi Uruguay project 2011 melibatkan 5.000 pemain muda kelahiran 1993, 1994 dan 1995 yang tersebar di 12 provinsi.

Daerah yang dipantau adalah Medan, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Bandung, Jakarta, Semarang, Malang, Sidoarjo, Denpasar, Makassar, Ambon dan Jayapura.

Disinggung tentang dua pemain yaitu Syamsir Alam dan M Zainal Haq, menurut dia, akan memperkuat klub Penarol.

Soal pemain Indonesia yang akan dinaturalisasi Uruguay, Demis mengatakan, pihaknya belum dapat berkomentar banyak soal itu. Memang ada ketentuan di Uruguay, jika telah menetap tiga tahun berturut-turut dapat mengajukan kewarganegaraan. Setidaknya ada 15 pemain muda Indonesia yang telah tiga tahun di Uruguay. (ant/cax)

No comments:

Post a Comment