Wednesday, January 12, 2011

Riedl Sudah Kantongi Nama Pemain Timnas U-23

Pelatih timnas sepak bola Indonesia, Alfred Riedl telah mengantongi sekitar 20 nama calon pemain yang akan memperkuat timnas Merah Putih pada Pra-Olimpiade 2012 pertengahan Februari nanti.

20 pemain yang berpeluang memperkuat timnas itu terjaring dalam seleksi yang dilakukan selama dua tahap mulai 7 Januari lalu. Dalam seleksi itu juga melibatkan beberapa pemain yang selama ini bermukim di luar negeri.

"Nama-nama pemain sudah saya pegang. Tapi saya tidak akan memberikan nama-nama itu saat ini," kata Riedl usai seleksi timnas di Lapangan PSSI, Senayan, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, secara umum pemain yang mengikuti seleksi memiliki kemampuan yang merata. Mereka telah menunjukkan kemampuannya, baik secara individu maupun kerjasama dalam sebuah tim. Meski demikian pihaknya tidak akan terburu-buru menentukan pilihan.

Pelatih asal Austria itu akan terus memantau perkembangan calon anak asuhnya hingga Kamis (13/1). Untuk itu, pihaknya masih memberikan kesempatan bagi pemain untuk memaksimalkan kesempatan yang ada.

"Kami membutuhkan pemain yang disiplin," kata mantan pelatih timnas Laos dan Vietnam itu.

Dari 20 nama yang telah dikantongi Riedl, empat pemain merupakan hasil seleksi pada tahap pertama. Dalam seleksi itu diikuti tiga orang yang bermain di kompetisi luar negeri yaitu Andrea Bitar, Arthur Irawan dan James Zaidan Saragih.
Untuk 13 pemain lainnya diambil dari seleksi tahap kedua yang diikuti 29 pemain. Dalam seleksi ini ada satu pemain asing calon naturalisasi yang turun yaitu Ruben Warbanaran dari Belanda.

Sedangkan tiga pemain yang dipastikan akan memperkuat timnas pada Pra-Olimpiade adalah Kurnia Meiga Hermansyah, Oktovianus Maniani dan Yongki Aribowo. Ketiga pemain ini sebelumnya telah memperkuat timnas senior pada Piala AFF 2010.

Sementara itu, Deputi Bidang Teknis BTN, Iman Arif mengatakan, untuk pengumuman nama-nama pemain yang akan memperkuat timnas Pra Olimpiade tetap sesuai dengan jadwal yaitu 17 Januari nanti.

"Semuanya masih dalam proses. Yang jelas penentuan nama-nama pemain tergantung pilihan jajaran pelatih," katanya saat dikonfirmasi di sela seleksi timnas.

Seleksi timnas U-23 ditangani langsung oleh Alfred Riedl dan dua asistennya yaitu Wolfgang Pikal dan Widodo Cahyono Putro serta satu orang pelatih kiper, Edi Harto. Setelah tim ini terbentuk selanjutnya akan mengikuti pelatnas dan melakukan pertandingan ujicoba dengan timnas negara tetangga seperti Vietnam. Tim ini akan turun pada pertandingan resmi pada 23 Februari melawan Turkmenistan.  (ant/fjr)

No comments:

Post a Comment