Tuesday, January 11, 2011

Benarkah Uruguay Ingin Naturalisasi Syamsir Alam?

Uruguay berniat menaturalisasi pemain muda Indonesia, Syamsir Alam. Meski baru sebatas wacana, bukan tidak mungkin hal itu terlaksana.

Direktur Badan Hubungan Luar Negeri PSSI, Demis Djamaoeddin, mengungkapkan hal tersebut setelah mendengar langsung wacana naturalisasi itu dari kuasa hukum Sociedad Anonima Deportiva (SAD). Syamsir yang dilahirkan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, sempat berlatih selama tiga tahun bersama SAD di Uruguay.

"Pemerintah Uruguay memang memiliki wacana menaturalisasi pemain asing yang sudah tiga tahun berkompetisi di Uruguay," kata Demis, Selasa (11/1/2011).

Demis menambahkan, ada 15 pemain yang sudah mengikuti kompetisi SAD selama tiga tahun termasuk Syamsir Alam. Berdasarkan ketentuan setempat, pemain-pemain tersebut bisa dinaturalisasi oleh Uruguay. "Ini masih wacana. Soal Syamsir terlalu dini. Saat tiba di Uruguay, saya akan berbicara dengan pihak Federasi Uruguay," jelas Demis.

"Kalau pendapat pribadi, naturalisasi merupakan hak pemain. Pokoknya terserah kepada pemain," lanjut Demis.

Saat ini PSSI telah membentuk tim SAD Indonesia untuk program Uruguay Project 2011. Tim ini akan dibagi dalam dua kelompok yakni SAD usia di bawah 19 tahun (U-19) dan di bawah 17 tahun (U-17). SAD U-19 akan berlaga di kompetisi Cuarta, sedangkan SAD U-17 akan mengikuti kompetisi Quinta. Kedua kompetisi tersebut akan bergulir mulai 17 Februari mendatang.(kompas)

No comments:

Post a Comment