Monday, January 10, 2011

Messi Cukup Jauh Ungguli Iniesta & Xavi

Sukses Lionel Messi meraih FIFA Ballon d'Or mungkin mengejutkan banyak kalangan. Namun, perolehan suara Messi nyatanya memang terpaut cukup jauh dari Xavi dan Andres Iniesta.

Dengan kesuksesan Spanyol menjadi juara dunia, banyak yang memprediksi kalau salah satu punggawa 'Matador'-lah yang akan menjadi pemain terbaik dunia.

Hal itu bak terkonfirmasi saat daftar kandidat kali pertama diumumkan. Para pemain Spanyol memang mendominasi daftar tersebut.

Saat itu La Gazzetta dello Sport sudah memiliki bocoran kalau Iniesta, Xavi dan Messi akan jadi pengisi tiga teratas. Tidak keliru karena ketiga pemain Barcelona itu kemudian jadi kandidat utama menggondol FIFA Ballon d'Or.

Setelah itu mencuatlah spekulasi mengenai pemenang. Ketiganya pemain hebat dan sama-sama punya aksi ciamik di lapangan, tapi Gazzetta menyebut Iniesta-lah yang akan menang, diikuti oleh Xavi dan Messi. Pertimbangannya boleh jadi Piala Dunia 2010.

Prediksi lain dimunculkan sebuah radio Spanyol sebelum acara Gala FIFA Ballon d'Or di Kongresshaus, Zurich, Swiss, Selasa (11/1/2011) dinihari WIB. Kali ini nama yang muncul adalah Xavi.

Akan tetapi, bukan keduanya yang lantas keluar jadi pemenang melainkan Messi. Si pemain Argentina boleh saja hanya bisa membawa negaranya, Argentina, menjadi perempatfinalis Piala Dunia 2010. Namun, signifikansinya di Barcelona tetap dinilai besar.

Untuk itulah Messi mendapat total suara 22,65% dari para pelatih dan kapten tim nasional, serta dari para jurnalis di seluruh dunia. Iniesta di posisi dua dengan 17,36% diikuti Xavi dengan 16,48%. Demikian dicatat situs FIFA.

No comments:

Post a Comment