Saturday, January 1, 2011

PSSI Perlu Sosok Pemimpin Baru

Maraknya kecaman masyarakat pada kinerja PSSI di bawah kepemimpinan Nurdin Halid merupakan bukti bahwa otoritas tertinggi sepak bola Indonesia ini memerlukan sosok pemimpin anyar. Hal ini diungkapkan Ilham Arif Sirajuddin.

Seperti dikutip dari Antara, Ilham yang merupakan manajer PSM Makassar ini menegaskan bahwa PSSI perlu untuk melakukan introspeksi dan evaluasi demi memajukan sepak bola Indonesia. Hal ini, menurut Ilham, karena sejak Nurdin Halid terpilih 2003 lalu, PSSI hanya berjalan pada tataran konsep, sementara implementasinya di lapangan mengalami karut marut.

"Desakan evaluasi dari masyarakat umum itu sekarang meluas. Mereka bisa melihat jelas bagaimana perkembangan persepakbolaan kita," ujar Ilham.

Sebelumnya, tokoh sepak bola lain, Andi Ilham Matalatta, juga telah melontarkan harapannya agar Nurdin Halid mendengarkan aspirasi rakyat dan legawa mundur dari singgasasananya.

Seperti dilansir detik, Ilham, yang merupakan tokoh masyarakat Makassar itu menyarankan Nurdin meniru sikap mantan Presiden Soeharto di akhir kepemimpinannya, yang memilih mundur ketika mayoritas rakyat Indonesia menghendaki ia turun dari kekuasaannya.

"Pak Harto dulu mengumpulkan menteri-menterinya dan mendengar aspirasi rakyatnya dengan memilih mundur dari kekuasaannya, hal ini patut dicontoh oleh Nurdin," ujar Ilham.

Menurut Ilham, sebagai putra Makassar, Nurdin harus menjunjung tinggi budaya 'Siri Napacce', yakni ketika tidak ada prestasi yang membuat publik puas terhadap kepemimpinannya, sebaiknya legowo mundur dan memberi kesempatan bagi pihak lain.

"Harus ada figur baru, Nurdin harus peka meskipun di dalam konsep demokrasi ia bisa memilih bertahan," tutup Ilham. (ant/detik/den)

No comments:

Post a Comment