Tuesday, December 21, 2010

Timnas Bangkitkan Olahraga Indonesia

Kemenangan demi kemenangan yang diraih Tim Nasional Indonesia di Piala AFF 2010 hendaknya dijadikan motivasi untuk membangkitkan kembali olahraga di tanah air.


"Hendaknya kemenangan Timnas di piala AFF 2010 sejak babak penyisihan sampai semifinal dijadikan motivasi untuk membangkitkan olahraga di tanah air," kata anggota DPD-RI Asri Anas di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, dengan momentum kemenangan yang diraih Timnas tersebut, hendaknya diapresiasi seluruh pihak baik pemerintah maupun pengurus yang menjadi penanggung jawab masalah keolahragaan di tanah air.

"Kondisi olahraga kita tidak boleh terpuruk lagi karena tidak meraih prestasi, olahraga di tanah air harus dibangkitkan dengan momentum kemenangan timnas ini, demi kejayaan dan martabat bangsa di mata bangsa lain bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat," kata Asri Anas yang juga mantan Ketua KNPI Sulbar.

Ia juga meminta, agar pemerintah maupun pengurus olahraga di sejumlah daerah melakukan pembinaan dan memberikan kontribusi besar bagi atlet dalam rangka menumbuhkan kembangkan prestasi mereka agar dapat bersaing di ajang kompetisi nasional maupun internasional. Anas juga berjanji akan melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah di Sulbar maupun pengurus olahraganya agar konsisten melakukan pembinaan olahraga secara profesional.

"Jangan ada lagi masalah dalam pembinaan olahraga seperti banyak pejabat dilibatkan dalam organisasi olahraga di daerah seperti di Provinsi Sulbar, tetapi bukan ahlinya," katanya.

Ia mengaku, masih banyak ditemukan permasalahan di daerah, seperti banyaknya permainan licik yang dilakukan pengurus olahraga yang dapat merugikan pembangunan olahraga di daerah.

"Jangan lagi ada permainan, jangan hanya karena punya koneksi dengan pemerintah kemudian seorang atlet dipaksakan padahal tidak memiliki kemampuan dalam bidang olahraga, intinya berikan kepada ahlinya karena bakat olahraga di tanah air cukup tinggi," katanya.

Ia meminta agar kondisi olahraga diubah dari sebelumnya dengan melakukan reformasi secara total agar olahraga Indonesia bangkit dari sebelumnya, demi masa depan dan harga diri bangsa yang lebih baik karena potensi itu ada, terbukti dengan hasil yang diraih timnas. Anas mengaku optimis Timnas Indonesia mampu mengalahkan Malaysia di ajang final piala AFF yang akan berlangsung di Stadion Bukit Jalil Malaysia 26 Desember 2010.

"Indonesia akan menang melawan Malaysia dengan skor mutlak karena saat ini memang kejayaan olahraga di Indonesia sudah mulai nampak setelah dukungan masyarakat juga menguat," katanya tanpa menyebutkan skor yang diraih Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. (ant/cax)

No comments:

Post a Comment